Produksi Gula Semut, Caroll Senduk Kukuhkan Poktan Kitaman Pinaras

  • Whatsapp

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Bertempat di Perkebunan Krois, Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. mengukuhkan kelompok Tani (Poktan) Kitaman Pinaras, Rabu (7/7).

Membawakan sambutan, Wali Kota Caroll Senduk mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Poktan yang bergerak di bidang produksi gula semut.

Bacaan Lainnya

“Harapan kita semua agar kepengurusan ini dapat bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas dan berkualitas. sehingga dapat mengemban amanah mengelola kelompok tani demi meningkatkan kesejahteraan para petani,” ungkapnya.

Katanya, pertanian di Indonesia dan di Kota Tomohon tetap menjadi andalan perekonomian nasional maupun daerah.

“Oleh karena itu, pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas, termasuk Kota Tomohon yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” tukas Senduk.

Hal ini, lanjut Wali Kota, sesuai dengan visi CSWL, Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, dengan misi  di bidang pertanian yakni memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program unggulan yaitu mekanisasi alat-alat pertanian, penyediaan bibit dan pupuk yang terjangkau bagi petani.

Baca Juga:  Ingatkan Isu Provokatif, Kapolri Apresiasi Manadonews

“Kelompok tani memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian para petani, yang secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di kota tomohon. kehadiran kelompok tani, harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani, dengan tujuan utama adalah tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya kedaulatan pangan,” urainya.

Ia berharap agar Poktan Kitaman pinaras. benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran.

“Karena itu dalam meningkatkan pertanian diharapkan untuk tetap bekerja sama dan sama-sama bekerja, mengolah lahan pertanian, hasilnya bukan hanya untuk konsumsi individu atau kelompok saja tetapi sekarang mananam adalah untuk kebutuhan hidup dan kesejahteraan. Kelompok tani era sekarang sudah saatnya mengubah paradigma. Filosofinya adalah kita harus berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah. sehingga memiliki nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani,” pungkasnya.

Baca Juga:  SAS lantik PMR SMK Keristen 2 Tomohon.

Sebelumnya Wali Kota meninjau dan mengamati secara langsung pembuatan gula semut yang dilakukan oleh anggota kelompok tani

Hadir anggota DPRD Kota Tomohon Noldie Lengkong, Asisten II Ir. Enos Pontororing, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban, Lurah Pinaras Mario Rumbani, Para pengurus dan anggota Poktan Kitaman.

Pos terkait