Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaKotamobagu

Yani:Masyarakat Laporkan Jika Obat Ranitidin Beredar di Pasaran

×

Yani:Masyarakat Laporkan Jika Obat Ranitidin Beredar di Pasaran

Sebarkan artikel ini

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, meminta masyarakat segera melapor jika menemukan adanya obat ranitidin yang masih bebas beredar di pasaran.

“Jika ada masyarakat yang menemukannya di pasaran, segera laporkan ke kami,” kata Yani, Senin (14/10).

MANTOS MANTOS

Menurut Yani, terkait hal ini pihak apotik sudah mengetahui, menyusul diterbitkannya surat edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beberapa waktu lalu, namun jika masih ditemukan adanya apotik yang melanggar ketentuan tersebut, maka sanksi tegas akan diberikan.

“Dalam hal ini ada yang melanggar ketentuan, maka apotiknya ditutup dan penanggung jawab apotik akan diperiksa pihak BPOM,” ujarnya.

Begitupun halnya dengan mantri atau petugas medis yang membuka praktek, dirinya juga mewanti-wanti agar tidak memberikan jenis obat ini kepada pasien yang akan berobat, konsekwesinya jika ditemukan maka sanksi tegas akan diberikan.

Baca Juga:  Belasan Orang di Bolmong Mengidap HIV, Ini Cara Dinkes Lakukan Pencegahan

“Kalau untuk petugas medis seperti mantri yang membuka praktek dan melanggar itu maka STR dan surat izin prakteknya kita cabut, karena pada dasarnya, mereka sudah tahu itu akan hal itu,” tegasnya.

Sebelumnya lanjut Yani pihaknya juga sudah melakukan sidak di sejumlah apotik yang ada di wilayah Kotamobagu.

“Iya,12 apotik sudah kita sidak, hasilnya mereka tidak menjual produk obat ranitidin. Baik dalam bentuk sirup maupun injeksi yang terdeteksi NDMA,” pungkasnya.

(MLS)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *